Ondeh Mandeh Japan sekarang ada kelas online! Silahkan klik di sini

Onsen di Jepang

Ondehくん
Ondehくん

Mandeh-chan, kamu suka Onsen kan?

Mandehちゃん
Mandehちゃん

Ya, aku sangat sukai Onsen.Salah satu hal yang aku rindukan ketika saya tinggal di Sumatera adalah onsen。

Ondehくん
Ondehくん

Betul, waktu tinggal di Sumatera, kamu hanya mandi air dinginkan? Emangnya onsen bagus yah buat tubuh?

Mandehちゃん
Mandehちゃん

Ya, Onsen itu sangat bagus! Ketika aku tinggal di Jepang, aku ke onsen setidaknya sebulan sekali. Mata air panas sangat bagus untuk kecantikan dan kesehatan!

Mari kenalkan onsen Jepang hari ini!

Onsen di Jepang

Jepang memiliki budaya onsen paling terkenal di dunia. Ada 27.000 sumber air panas di Jepang.

Banyak orang Indonesia mengatakan mereka merasa malu untuk pergi ke onsen karena Anda perlu melepas pakaian. Tapi itu benar-benar mottainai! Onsen adalah suatu keharusan ketika Anda mengunjungi Jepang.

Efek pemandian Onsen

Pada periode Edo (1603–1868), dokter mulai menggunakan mata air panas untuk tujuan medis. Pencetus perawatan tersebut adalah Gotō Konzan (1659-1733), seorang ahli pengobatan tradisional yang membina 200 murid.

Bahkan sekarang di Jepang, ada banyak fasilitas perawatan air panas untuk orang sakit.

温泉に入っているお婆さんのイラスト

Efek Onsennya bervariasi tergantung pada jenis mata air panas, tetapi hari ini kami akan memperkenalkan efek onsen khas!

Kecantikan/美容(Biyou)

Onsen yang dikenal sebagai “美人の湯(Bijin-no-Yu)” atau air panas kecantikan, memiliki efek merevitalisasi kulit. Jadi setelah memasuki onsen, kulit benar-benar menjadi halus.

Ketika sirkulasi darah tubuh ditingkatkan oleh efek termal onsen, pembuangan limbah dipromosikan dan metabolisme diaktifkan. Karena bahan-bahan onsen membuang lapisan kulit mati, sangat berguna untuk peremajaan kulit.

Tidur nyenyak / 快眠(Kaimin)

Efek mandi Onsen pada dasarnya adalah stimulasi. Berbagai mineral dan elemen lain menembus tubuh, meningkatkan sekresi hormon.

Inilah sebabnya mengapa setelah berendam onsen, banyak orang mengatakan bahwa mereka dapat tidur nyenyak tanpa terbangun di tengah malam.

Awet muda dan pencegahan penyakit(アンチエイジングと病気の予防)

Onsen dapat mencegah penyakit seperti kanker, tekanan darah tinggi (hipertensi), sklerosis arteri, serangan jantung, stroke, diabetes, dan obesitas.

Harapan hidup orang Jepang yang tinggi mungkin berasal dari budaya onsen.

Onsen yang populer

Setiap prefektur di Jepang memiliki onsen, tetapi aku ingin memperkenalkan area onsen yang paling terkenal bagi para pelancong. Ketika kamu datang ke Jepang, aku merekomendasikan untuk memasukkan onsen ke dalam daftar kegiatanmu!

Top 5 Onsen Ranking

(data taken from nippon travel agency website)

No. 1
Kusatsu-Onsen(草津温泉) di prefektur Gunma

Tempat yang menawarkan paling banyak jumlah mata air panas alami di Jepang.

湯もみのイラスト

Terkenal dengan “Yumomi(湯もみ)”, yang dilakukan untuk menurunkan sumber air panas. Itu dirancang untuk menurunkan suhu tanpa mengurangi efektivitas mata air panas.

No. 2
Beppu-Onsen (別府温泉) di prefektur Ooita
海地獄のイラスト(地獄めぐり)

Area sumber air panas dengan akses lalu lintas yang baik yang menyebar di pusat kota di sekitar stasiun JR Beppu. Ada banyak hotel tempat Anda dapat mandi sehari, ada juga sumber air panas bersama di mana penduduk setempat berkumpul.

No. 3
Ibusuki-Onsen(指宿温泉)di prefektur Kagoshima
砂風呂のイラスト

Ada banyak jenis onsen di satu area. Diantaranya pemandian “Suna-mushi” terkenal. Pemandian memakai pakaian yukata dan berbaring di pasir. Karena pemandian air panas di bagian bawah tanah, pasirnya dipanaskan dan kamu bisa menikmati uapnya.

No. 4
Arima-Onsen(有馬温泉)di prefektur Hyogo
有馬温泉

(Illustration by uni)

Sebuah resor sumber air panas yang populer di kalangan orang Kansai, dekat Osaka dan Kobe. Sebuah sumber mata air panas terkenal yang merupakan salah satu dari tiga sumber air panas tertua di Jepang.

No. 5
Dougo-Onsen (道後温泉) di prefektur Ehime
道後温泉本館のイラスト

Salah satu dari tiga perairan panas tua Jepang. Seperti yang digambarkan dalam novel “Bocchan” oleh Soseki Natsume, itu adalah tujuan wisata representatif di prefektur Ehime.

Sponsored link

Bagaimana mandi Onsen, sopan santun

Hal-hal untuk dipersiapkan:

  1. handuk kecil untuk dibawa bersamamu di onsen. Ini untuk mencuci tubuhmu dan juga, sebelum kembali ke area pakaian ganti, kamu perlu menghapus semua air di tubuhmu agar lantai tidak basah. Di sebagian besar onsen, kamu dapat menyewa atau membeli handuk kecil, jadi jangan terlalu khawatir jika kamu tidak memilikinya.
  2. Jika berambut panjang, jangan lupa membawa ikat rambut. Ini penting karena kamu harus memastikan bahwa rambutmu tidak masuk ke bak mandi.
  3. Minumlah banyak air sebelum mandi. Ketika kamu mandi, kamu banyak berkeringat. Untuk mencegah dehidrasi, pastikan minum banyak air.
  4. Menanggalkan semua pakaianmu dan telanjang. Mungkin pada awalnya kamu akan merasa aneh, tetapi segera akan terbiasa!

Setelah memasuki area mandi

  1. Mandilah sebelum berendam di bathtub. Kamu perlu membersihkan semua kotoran di tubuhmu sehingga semua orang dapat menikmati air bersih.
  2. Jangan memasukkan handuk ke dalam kolam. Kamu perlu membawa handuk kecil ketika mandi seperti yang aku jelaskan di atas, tetapi kamu tidak dapat mencelupkan handuk ke dalam air onsen. Jadi, saat memasuki bak mandi, letakkan handuk di luar atau letakkan handuk terlipat di kepalamu.
  3. Jangan menggosok tubuhmu di dalam air. Lakukan di area shower.
  4. Awasi orang lain saat mencuci atau mandi. Karena onsen adalah area umum, waspadalah untuk tidak mengganggu orang lain terutama percikan air saat mencuci rambutmu. Juga, jangan berenang di bak mandi supaya semua orang menikmati onsen.

Yuk, kita patuhi peraturan dan nikmati onsen!

Mandehちゃん
Mandehちゃん

Jika kamu bergantian onsen air panas dan onsen air dingin, kamu dapat menikmati onsen lebih lama dan merasa sangat segar!

Onsen aman untuk orang Indonesia

Beberapa dari kamu mungkin masih takut pergi ke onsen karena kamu harus telanjang. Jangan khawatir, ada banyak cara untuk menikmati onsen tanpa terlihat telanjang!

Ashiyu(足湯)

Ashi berarti kaki dan Yu adalah air panas. Jadi Ashiyu berarti mandi kaki.

Di banyak daerah wisata, kamu dapat menemukan Ashiyu, tempat kamu bisa menikmati onsen tanpa melepas pakaian. Beberapa ashiyu bahkan gratis.

足湯のイラスト

Mandi campuran dengan baju renang

Beberapa onsen punnya permandian umum (perempuan / laki-laki tidak terpisah) memungkinkan untuk memakai pakaian renang waktu mandi. Jadi jika kamu merasa malu telanjang, cobalah onsen tersebut. Tetapi onsen yang memungkinkan orang untuk memakai pakaian renang sangat terbatas, jadi silakan periksa apakah mereka menerima pakaian renang terlebih dahulu.

Onsen Pribadi

Beberapa hotel memiliki pemandian onsen kecil di kamar hotel. Dengan cara ini kamu tidak perlu khawatir mempermalukan diri sendiri dengan bertelanjang. Sebagian besar kamar hotel yang dilengkapi dengan pemandian onsen pribadi sangat mahal, tapi aku rasa harganya sepadan.

Atau bahkan jika kamar tidak dilengkapi dengan pemandian onsen, beberapa fasilitas memiliki onsen pribadi untuk keluarga. Ketika kamu memreservasi tempat-tempat itu, kamu dapat menikmati onsen pribadi selama satu atau dua jam.


Bagaimana? Apakah kamu lebih tertarik untuk pergi ke onsen?

Banyak orang asing takut pergi ke onsen, tetapi begitu kamu terbiasa, pasti akan menyukainya!

Semoga lebih banyak orang dapat menikmati Onsen Jepang!

Salam dalam Bahasa Jepang
Share